Total Pengunjung

Soal dan Kunci Jawaban UTBK SMA Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

 

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-6!

[…]

1Seharian mengamen di jalanan, manusia silver [ … ] tubuhnya dengan cat sablon. 2Dokter kulit lebih menyarankan untuk memakai cat khusus yang lebih ramah untuk kulit manusia. 3Berbagai produk cat pewarna kulit kini sebenarnya mudah menemukan dalam kehidupan sehari-hari. 4Produk dengan aneka kandungan kimia tersebut punya keunggulan masing-masing, missal tahan air dan tak mudah luntur. 5Terlepas dari pilihan masyarakat, dokter spesialis kulit dan kelamin dr Fitrian Amalia Umar SpKK, Mkes mengingatkan [ … ] memilih produk yang aman bagi kulit. 6Kandungan cat juga tidak boleh [ …] reaksi alergi yang bisa dicoba di balik tangan terlebih dahulu.

Sumber: detik health

 

1.       Judul yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah … .

a.     Saran Dokter Kulit jika Ingin Mewarnai Tubuh Ala Manusia Silver

b.     Program Pengembangan Dokter Kulit untuk Membuat Cat Silver pada Tubuh

c.     Efek Samping Penggunaan Cat Silver pada Tubuh Manusia

d.     Kehidupan Manusia Silver Mengamen di Jalanan

e.     Keunggulan Kandungan Kimia dalam Membuat Produk Cat Silver


2.       Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kalimat 1 adalah … .

a.     Menggunakan

b.     Dilumurkan

c.     Dibalut

d.     Melumuri

e.     Menjadikan

 

3.       Kata berimbuhan yang salah digunakan dalam paragraf tersebut adalah … .

a.     Menyarankan

b.     Memilih

c.     Menemukan

d.     Memancing

e.     Memakai


4.       Makna kata tersebut pada kalimat 4 merujuk pada … .

a.     Cat pewarna kulit

b.     Bahan kimia

c.     Dokter spesialis

d.     Manusia silver

e.     Alergi


5.       Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat 5 yang rumpang adalah … .

a.     Agar

b.     Karena

c.     Apabila

d.     Maupun

e.     Bahwa


6.       Kata berimbuhan yang paling tepat untuk digunakan dalam kalimat 6 adalah … .

a.     Dipancing

b.     Mengurangi

c.     Memancing

d.     Disebabkan

e.     Menularkan

 

Bacalah tulisan berikut, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang tepat di antara pilihan jawaban A, B, C, D, atau E.

[ …]

1Mandi air dingin membantu bangun di pagi hari. 2Ketika semprotan air dingin dikenai tubuh, ada sedikit kejutan. 3Guncangan ini meningkatkan asupan oksigen, detak jantung, dan kewaspadaan. 4Mandi air dingin meningkatkan sirkulasi juga, ketika air dingin mengenai tubuh dan anggota tubuh eksternal, maka akan [ … ] darah bersirkulasi dengan kecepatan lebih cepat untuk mempertahankan suhu tubuh yang ideal. 5Mandi air dingin membantu [ … ] nyeri otot setelah latihan intensif juga karena air dingin memiliki sifat regenerative, otot akan rileks dan membaik setelah latihan yang berat. 6Masih ada banyak manfaat mandi dengan air dingin lainnya [ … ] kesehatan kulit dan rambut yang lebih bercahaya.

Sumber: detikhealth

 

7.       Judul yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah … .

a.     Bahaya Mandi Air Dingin

b.     Dampak dari Mandi Air Dingin

c.     Reaksi Organ Dalam Tubuh ketika Mandi Air Dingin

d.     Manfaat Mandi Air Dingin

e.     Mandi Pagi Hari Berjuta Manfaat


8.       Kata berimbuhan yang salah digunakan dalam paragraf tersebut adalah … .

a.     Meningkatkan

b.     Membantu

c.     Membaik

d.     Mempertahankan

e.     Dikenai


9.       Makna kata ini pada kalimat 3 merujuk pada … .

a.     Pagi hari

b.     Semprotan air dingin

c.     Kejutan

d.     Asupan oksigen

e.     Detak jantung


10.    Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kalimat 4 adalah … .

a.     Mengenai

b.     Menyebabkan

c.     Mengeluarkan

d.     Memudahkan

e.     Mencegah


11.    Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kalimat 5 adalah … .

a.     Mengurangi

b.     Menambah

c.     Membuat

d.     Menyebabkan

e.     Menghilangkan

              

12.    Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kalimat 6 adalah … .

a.     Tetapi

b.     Sebagai

c.     Meskipun

d.     Seperti

e.     Jikalau

Tulisan berikut diikuti oleh delapan butir pertanyaan. Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D atau E)

Banyak hal yang bisa memicu 13stres. Pekerjaan di rumah saat mengatur keuangan, bahkan saat 14berkorelasi dengan orang lain pun bisa memicu stres. Selain bisa membuat produktivitas menjadi turun, stres juga mampu mengarah pada resiko kesehatan. Penelitian menunjukkan mereka yang tidak bisa mengatur tingkat stresnya dan mengalami stres berat 15beresiko terkena serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya dalam jangka panjang.

 

13.    a.    TIDAK PERLU DIPERBAIKI

b.      stressed

c.       stress

d.      stress

e.       “stres”


14.    a. TIDAK PERLU DIPERBAIKI

        b. berkolaborasi

        c. berelasi

        d. berelasi

        e. “berkorelasi”


15.    a.  TIDAK PERLU DIPERBAIKI

        b. berisiko

        c. “beresiko”

        d. Beresiko

        e. Berisiko


 





Kunci jawaban dan pembahasan :

1.  Jawaban A

Pembahasan :

Judul yang paling sesuai dengan paragraf tersebut dapat dilihat dari pokok bahasan yang sedang ditulis atau dapat dilihat pada awal paragraf dan akhir paragraf sebuah teks, inti dari sebuah paragraf terletak pada awal atau akhir teks, pada teks ini terdapat kalimat “2Dokter kulit lebih menyarankan untuk memakai cat khusus yang lebih ramah untuk kulit manusia.” Pernyataan ini menegaskan bahwa ide pokok teks tersebut terletak pada awal paragraf. Dengan demikian, judul yang tepat untuk melengkapi paragraf diatas adalah Saran Dokter Kulit jika Ingin Mewarnai Tubuh Ala Manusia Silver.


2. Jawaban D

Pembahasan :

Kata berimbuhan “melumuri” adalah kata yang paling tepat untuk melengkapi kalimat 1 yang rumpang karena kata tersebut sesuai dengan konteks dan imbuhan me- pada kata melumuri sudah sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

 

3. Jawaban C

Pembahasan :

Penggunaan imbuhan pada kata “menemukan” dianggap kurang tepat karena pada konteks kalimat ke-3 tidak sesuai. Kata berimbuhan yang tepat adalah di- (ditemukan).

 

4. Jawaban A

Pembahasan :

Kata tersebut pada kalimat 4 merujuk pada cat pewarna kulit. Pernyataan ini di dukung oleh kalimat ke 3 yaitu “Berbagai produk cat pewarna kulit kini sebenarnya mudah menemukan dalam kehidupan sehari-hari.”

 

5. Jawaban A

Pembahasan :

Penggunaan konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat 5 yang rumpang adalah kata “agar” penggunaan konjungsi ini paling tepat karena sesuai dengan konteks atau bisa dianggap paling masuk akal dan rasional dengan teks.

 

6.  Jawaban C

Pembahasan :

Penggunaan kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat ke 6 adalah “memancing”. Kata berimbuhan tersebut dianggap paling tepat karena sesuai dengan konteks dan menghasilakan kalimat yang padu bila dibandingkan dengan kalimat berimbuhan yang lainnya. Kata memancing pada kelimat ini memiliki arti mengundang, menyebabkan, atau menimbulkan sesuatu. 

 

7.  Jawaban D

Pembahasan :

Judul yang paling sesuai dengan paragraf tersebut dapat dilihat dari pokok bahasan yang sedang ditulis atau dapat dilihat pada awal paragraf dan akhir paragraf sebuah teks, inti dari sebuah paragraf terletak pada awal atau akhir teks, pada teks ini terdapat kalimat  “Masih ada banyak manfaat mandi dengan air dingin lainnya [ … ] kesehatan kulit dan rambut yang lebih bercahaya.” Pernyataan ini menegaskan bahwa ide pokok teks tersebut terletak pada akhir paragraf. Dengan demikian, judul yang tepat untuk melengkapi paragraf tesebut “Manfaat Mandi Air Dingin.”

 

8.  Jawaban E

Pembahasan :

Penggunaan imbuhan pada kata “dikenai” dianggap kurang tepat karena pada konteks kalimat ke-2 tidak berterima dan tidak rasional. Kata berimbuhan yang tepat adalah me- (mengenai).

 

9.  Jawaban B

Pembahasan :

Kata “ini” pada kalimat 3 merujuk pada Semprotan air dingin. Pernyataan ini di dukung oleh kalimat ke 2 yaitu Ketika semprotan air dingin dikenai tubuh, ada sedikit kejutan.”

 

10.  Jawaban B

Pembahasan :

Penggunaan kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat ke 4 adalah “menyebabkan.” Kata menyebabkan memiliki arti mempengaruhi. Berikut adalah penggalan kalimat 4 bila diberi kata berimbuhan “Mandi air dingin meningkatkan sirkulasi juga, ketika air dingin mengenai tubuh dan anggota tubuh eksternal, maka akan [menyebabkan] darah bersirkulasi dengan kecepatan lebih cepat untuk mempertahankan suhu tubuh yang ideal” kalimat sudah berterima dan dianggap rasional.


11.  Jawaban A

Pembahasan :

Penggunaan kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat ke 5 adalah “Mengurangi.” Kata mengurangi memiliki arti meredakan. Berikut adalah penggalan kalimat 5 bila diberi kata berimbuhan “Mandi air dingin membantu [mengurangi] nyeri otot setelah latihan intensif juga karena air dingin memiliki sifat regenerative, otot akan rileks dan membaik setelah latihan yang berat” kalimat 5 menjadi lebih rasional dan berterima bila diberi kata berimbuhan tersebut.

 

12.  Jawaban D

Pembahasan :

Penggunaan kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat ke 6 adalah “seperti.” Kata “seperti” memiliki arti serupa atau sama halnya. Berikut penggalan kalimat 6 bila diberi kata berimbuhan “Masih ada banyak manfaat mandi dengan air dingin lainnya [seperti] kesehatan kulit dan rambut yang lebih bercahaya.” Kalimat 6 lebih berterima apabila diberi kata berimbuhan “seperti.”


13.  Jawaban A

Pembahasan :

Pernyataan pada kalimat “stress” tidak perlu diperbaiki karena penggunaannya sudah sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia.

 

14.  Jawaban A

Pembahasan :

Pernyataan pada kalimat “berkorelasi” tidak perlu diperbaiki karena penggunaannya sudah sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia. Berkorelasi memiliki arti sering berhubungan secara timbal balik.


15.  Jawaban B

Pembahasan :

Pernyataan pada kalimat “beresiko” perlu diperbaiki karena penggunaannya tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Perbaikan yang perlu dilakukan adalah menggantikan kata “beresiko” dengan kata “berisiko”, karena kata “berisiko” adalah kata yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar.

 


(LE 1)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal dan Kunci Jawaban UTBK SMA Mata Pelajaran Bahasa Indonesia"

Posting Komentar

Langganan


Baca Juga :

Lowongan Admin di ITC FINANCE Bandar Lampung

  POSISI LOWONGAN : ADMIN COLLECTION Persyaratan : Pria / Wanita Pendidikan min D3  Usia max 28 thn  Berpengalaman di bidang admin collectio...

Tentang Saya